Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA PAINAN

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA PAINAN

Jl. Dr. Moh. Hatta Painan Telp. (0756) 21307 - Fax. (0756) 21707

Website : www.pa-painan.go.id - Email : pa.painan@pta-padang.go.id

SIPP PASistem Informasi Pengawasan MA-RI


Logo Artikel

STANDAR DAN MAKLUMAT PELAYANAN PENGADILAN

Zona Integritas

Sebaran Covid-19

Standar dan Maklumat Pelayanan Pengadilan

MAKLUMAT PELAYANAN PENGADILAN AGAMA PAINAN

 

 

STANDAR PELAYANAN PENGADILAN

Untuk Meningkatkan kualitas pelayanan pengadilan bagi pencari keadilan dan masyarakat dan Meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan, Mahkamah Agung telah menetapkan Standar Pelayanan Standar Pelayanan yang berlaku di lingkungan Mahkamah Agung dan Pengadilan dibawahnya berdasarkan SK KMA No 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.

LAMPIRAN I
 
I. KETENTUAN UMUM
 A. Tujuan
  1. Meningkatkan kualitas pelayanan pengadilan bagi pencari keadilan dan masyarakat.

  2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan. 

B. Maksud

  1. Sebagai bagian dari komitmen pengadilan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

  2. Sebagai pedoman bagi masyarakat dalam menilai kualitas pelayanan pengadilan.

  3. Sebagai tolok ukur bagi setiap satuan kerja dalam penyelenggaraan pelayanan.

  4. Sebagai pedoman bagi setiap satuan kerja dalam menyusun Standar Pelayanan Pengadilan pada masing-masing satuan kerja.

 

C. Ruang Lingkup

  1. Pelayanan pengadilan yang diatur di dalam Standar Pelayanan Pengadilan ini adalah pelayanan pengadilan pada pengadilan di tingkat pertama dan banding dalam empat lingkungan badan peradilan serta di Mahkamah Agung.

  2. Termasuk dalam Standar Pelayanan Pengadilan ini adalah pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Khusus.

  3. Standar Pelayanan Pengadilan ini adalah standar pelayanan yang bersifat nasional dan memberikan pedoman bagi semua badan peradilan di semua lingkungan peradilan pada semua tingkatan untuk menyusun Standar Pelayanan Pengadilan pada masing-masing satuan kerja.

  4. Standar Pelayanan yang harus disusun oleh satuan kerja harus memuat:

a.      Dasar hukum,

b.      Sistem Mekanisme dan Prosedur

c.      Jangka Waktu

d.      Biaya atau tarif

e.      Produk Pelayanan

f.        Sarana Prasarana

g.      Kompetensi Pelaksana

  1. Secara umum pengadilan menyediakan pelayanan sebagai berikut:

a.      Pelayanan Administrasi Persidangan

b.      Pelayanan Bantuan Hukum

c.      Pelayanan Pengaduan

d.      Pelayanan Permohonan Informasi

  1. Segala ketentuan mengenai teknis hukum acara atau yang berkaitan dengan Putusan pengadilan bukanlah obyek dari pelayanan pengadilan dan oleh karenanya tidak termasuk dalam ruang lingkup pelayanan pengadilan yang dapat diadukan oleh masyarakat

D. Pengertian

  1. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak sipil setiap warga negara dan penduduk atas suatu barang dan jasa atau pelayanan administrasi yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

  2. Standar pelayanan publik adalah suatu tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari penyelenggara pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

  3. Pelayanan pengadilan adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat, khususnya pencari keadilan, yang disediakan oleh Mahkamah Agung dan badan-badan peradilan dibawahnya berdasarkan peraturan-perundang-undangan dan prinsip-prinsip pelayanan publik.

  4. Penyelenggara pelayanan pengadilan yang selanjutnya disebut penyelenggara adalah setiap satuan kerja yang melakukan kegiatan pelayanan pengadilan.

  5. Pelaksana pelayanan pengadilan yang selanjutnya disebut Pelaksana adalah pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan pengadilan.

  6. Masyarakat adalah seluruh pihak, baik warga negara maupun penduduk sebagai orang perseorangan, kelompok, maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan pengadilan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

  7. Hari adalah hari kerja kecuali disebutkan lain dalam ketentuan ini.

E. Pejabat Penanggung Jawab Pelayanan Pengadilan

1.      Pejabat penanggung jawab pelayanan pengadilan terdiri dari:

a.      Penyelenggara pelayanan pengadilan

b.      Pelaksana pelayanan pengadilan.

2.      Pelaksana dalam menyelenggarakan pelayanan publik harus berperilaku sebagai berikut:

a.      adil dan tidak diskriminatif;

b.      cermat;

c.      santun dan ramah;

d.      tegas, andal, dan tidak memberikan putusan yang berlarut-larut;

e.      profesional;

f.        tidak mempersulit;

g.      patuh pada perintah atasan yang sah dan wajar;

h.      menjunjung tinggi nilai-nilai akuntabilitas dan integritas institusi penyelenggara;

i.         tidak membocorkan informasi atau dokumen yang wajib dirahasiakan sesuai dengan peraturan peradilan dan perundang-undangan yang berlaku;

j.         terbuka dan mengambil langkah yang tepat untuk menghindari benturan kepentingan;

k.      tidak menyalahgunakan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan publik;

l.         tidak memberikan informasi yang salah atau menyesatkan dalam menanggapi permintaan informasi serta proaktif dalam memenuhi kepentingan masyarakat;

m.    tidak menyalahgunakan informasi, jabatan, dan/atau kewenangan yang dimiliki; sesuai dengan kepantasan; dan

n.      tidak menyimpang dari prosedur.

F. Pengaduan atas Pelayanan Pengadilan

  1. Masyarakat berhak mengadukan penyelenggaraan pelayanan publik pengadilan
    dalam hal:

a.      Penyelenggara yang tidak melaksanakan kewajiban dan/atau melanggar
larangan; dan

b.      Pelaksana yang memberi pelayanan yang tidak sesuai dengan standar
pelayanan.

  1. Pengaduan diajukan oleh setiap orang yang dirugikan atau oleh pihak lain yang
    menerima kuasa untuk mewakilinya paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak
    pengadu menerima pelayanan pengadilan

  2. Pengaduan disampaikan secara tertulis kepada satuan kerja penyelenggara pelayanan pengadilan yaitu Pimpinan satuan kerja penyelenggara pelayanan pengadilan yang memuat:

    1. nama dan alamat lengkap;

    2. uraian pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan;

    3.  permintaan penyelesaian yang diajukan;

    4. tempat dan waktu penyampaian pengaduan serta tanda tangan pengadu.

  3. Dalam keadaan tertentu atau atas permintaan pengadu, nama dan identitas pengadu dapat dirahasiakan.

  4.  Penyelenggara pelayanan pengadilan wajib memberikan tanda terima pengaduan yang sekurang-kurangnya memuat:

a.      Identitas pengadu secara lengkap;

b.      Uraian singkat pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan
pengadilan;

c.      Tempat dan waktu penerimaan pengaduan; dan

d.      Tanda tangan serta nama pejabat pegawai yang menerima pengaduan.

  1. Penyelenggara pelayanan pengadilan wajib menanggapi pengaduan masyarakat paling larnbat 14 (empat belas) hari sejak pengaduan diterima yang sekurangkurangnya berisi informasi lengkap atau tidak lengkapnya materi aduan sebagaimana dimaksud pada huruf F angka 3.

  2. Dalam hal materi aduan tidak lengkap, pengadu melengkapi materi aduannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak menerima tanggapan dari penyelenggara sebagaimana diinformasikan oleh pihak penyelenggara.

  3.  Dalam hal berkas pengaduan tidak dilengkapi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari maka pengadu dianggap mencabut pengaduannya

  4. Dalam hal pengaduan tidak ditanggapi oleh penyelenggara pengaduan sesuai dengan ketentuan, maka pengadu dapat menyampaikan laporan kepada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

  5.  Pengawasan MA dapat mengambil alih pengaduan atas pelayanan pengadilan yang ditujukan kepada penyelenggara dalam hal pengaduan tersebut dianggap penting oleh Mahkamah Agung untuk segera diselesaikan, atau dalam hal Penyelenggara lalai dan atau tidak tepat waktu dalam menyelesaikan pengaduan tersebut.

  6. Setiap Penyelenggara Pelayanan Pengadilan wajib mengumumkan Rekapitulasi penyelesaian pengaduan pelayanan publik kepada masyarakat melalui media yang mudah diakses oleh masyarakat. Hal-hal yang diumumkan meliputi: jumlah pengaduan yang masuk, jenis-jenis pengaduan yang masuk, status penanganan pengaduan.

G. Penyelesaian Pengaduan oleh Penyelenggara Pelayanan Pengadilan

Pengadilan wajib memeriksa pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang diselenggarakannya.

Dalam memeriksa materi pengaduan, penyelenggara wajib berpedoman pada prinsip independen, nondiskriminasi, tidak memihak, dan tidak memungut biaya.

Dalam hal pengadu keberatan dipertemukan dengan pihak teradu karena alasan tertentu yang dapat mengancam atau merugikan kepentingan pengadu, penyelenggara dapat mendengar keterangan pengadu secara terpisah.

Dalam melakukan pemeriksaan materi aduan, penyelenggara wajib menjaga kerahasiaan.

Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap.

Keputusan mengenai pengaduan wajib disampaikan kepada pihak pengadu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diputuskan.


H. Ketentuan Sanksi

1.   Pimpinan satuan kerja yang dalam hal ini bertindak sebagai atasan pelaksana menjatuhkan sanksi kepada pelaksana pelayanan pengadilan yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk memberikan pelayanan publik sebagaimana diatur dalam standar pelayanan publik, berdasarkan kewenangan yang dimiliki atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.    Mahkamah Agung berwenang menjatuhkan sanksi kepada penyelenggara dan atau pelaksana pelayanan pengadilan yang tidak memenuhi kewajibannya dalam melaksanakan pengawasan melekat atas pelaksanaan standar pelayanan pengadilan dan/atau melanggar larangan sebagaimana dimaksud dalam huruf E angka 1,
berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku

3.   Jenis sanksi terhadap penyelenggara dan atau pelaksana pelayanan pengadilan didasarkan pada ketentuan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan peraturan perundang-undangan yang relevan yang berlaku di lingkungan badan peradilan.


I. Penilaian Kinerja Pelayanan Publik

1.   Penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan pengadilan pada satuan kerjanya secara secara terstruktur dan berkala.

2.      Mahkamah Agung melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik pada seluruh satuan kerja secara terstruktur dan berkala.

3.      Penilaian kinerja pelayanan pengadilan dilakukan dengan menggunakan indikator kinerja yang akan disusun oleh Mahkamah Agung berdasarkan standar pelayanan pengadilan.


J. Pelaksanaan Standar Pelayanan pada Semua Badan Peradilan

  1. Dalam waktu selambat-lambatnya 1 (satu) tahun sejak Standar Pelayanan Pengadilan diberlakukan, setiap satuan kerja pada semua lingkungan badan peradilan di semua tingkatan, wajib menyusun standar pelayanan peradilan yang disesuaikan dengan kondisi pada masing-masing satuan kerja dan kebutuhan masyarakat pada wilayah hukumnya.

  2. Penyusunan Standar Pelayanan Pengadilan pada satuan kerja harus mempertimbangkan luas wilayah hukum, moda transportasi, kebutuhan masyarakat dan kemampuan pengadilan, terutama dalam menentukan waktu, besaran biaya dan sarana prasarana yang disediakan

  3. Penyusunan Standar Pelayanan Pengadilan pada satuan kerja dilakukan dengan mengikutsertakan masyarakat dan pemangku kepentingan.

Penyusunan standar pelayanan pengadilan pada tiap-tiap satuan kerja dilakukan dengan berpedoman pada UU Pelayanan Publik dan Standar Pelayanan Pengadilan.

 

II. LAMPIRAN II

II. STANDAR PELAYANAN UMUM

 
A. Pelayanan Persidangan
 
  1. Sidang Pengadilan dimulai pada jam 9.00. Dalam hal sidang tertunda pelaksanaannya, maka pengadilan akan memberikan informasi mengenai alas an penundaan kepada para pencari keadilan maupun masyarakat umum.
  2. Pemanggilan para pihak dapat dilakukan dengan cara pemanggilan para pihak oleh Petugas Pengadilan agar masuk ke ruang sidang untuk pemeriksaan perkara berdasarkan sistem antrian; atau pemanggilan para pihak oleh Petugas Pengadilan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dari jam 9.00-12.00 dan sesi siang dari jam 13.00-17.00. Pemeriksaan perkara dilakukan berdasarkan system antrian.
  3. Pengadilan wajib mengumumkan jadwal sidang kepada masyarakat pada papan pengumuman, situs resmi pengadilan dan media lainnya yang mudah dilihat masyarakat.
  4. Pengadilan wajib menyediakan juru bahasa atau penerjemah untuk membantu pencari keadilan yang tidak memahami bahasa Indonesia atau memiliki kebutuhan khusus untuk mengikuti jalannya persidangan. Untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat dapat mengajukan Surat Permohonan yang ditujukan kepada Ketua Majelis Hakim sebelum hari sidang dimulai; atau dapat mengajukannya secara lisan di hadapan Majelis Hakim.
  5. Pengadilan wajib memutus dan termasuk melakukan pemberkasan (minutasi) perkara pada Pengadilan Tingkat Pertama dalam jangka waktu maksimal 6 (enam) bulan terhitung sejak perkara didaftarkan.
  6. Pencari keadilan dan masyarakat berhak memperoleh informasi dari pengadilan mengenai perkembangan terakhir dari permohonan atau perkaranya melalui meja informasi, situs pengadilan atau media informasi lainnya.
 
B. Biaya Perkara
 
  1. Masyarakat tidak dikenai biaya untuk mendapatkan layanan pengadilan pada perkara pidana.
  2. Besarnya panjar biaya perkara pada tiap-tiap pengadilan ditetapkan melalui Surat Keputusan oleh Ketua Pengadilan dan wajib diumumkan kepada masyarakat melalui papan pengumuman atau media informasi lain yang mudah diketahui masyarakat.
  3. Masyarakat dikenakan biaya untuk proses perkara perdata, perdata agama dan tata usaha negara. Besarnya panjar biaya perkara ditetapkan dalam Surat Keterangan Untuk Membayar (SKUM). Pihak pemohon atau Penggugat tidak akan diminta untuk membayar apapun yang tidak tertera dalam SKUM.
  4. Penentuan besar kecilnya panjar biaya perkara perdata, perdata agama dan tata usaha negara didasarkan pada banyaknya jumlah para pihak yang berperkara dan jauh dekatnya jarak tempuh ketempat para pihak yang dipanggil serta biaya administrasi, yang dipertanggungjawabkan dalam putusan.
  5. Masyarakat dapat melakukan pembayaran biaya perkara melalui bank, kecuali di daerah tersebut tidak ada bank. Pegawai pengadilan tidak dibenarkan menerima pembayaran biaya perkara langsung dari pihak berperkara (SEMA No. 4/2008).
  6. Pengadilan hanya akan meminta penambahan biaya perkara dalam hal panjar yang telah dibayarkan telah tidak mencukupi.
  7. Pengadilan wajib memberitahu dan mengembalikan kelebihan biaya perkara yang tidak terpakai dalam proses berperkara. Bilamana biaya tersebut tidak diambil dalam waktu 6 (enam) bulan setelah pihak yang bersangkutan diberitahu maka uang tersebut akan disetorkan ke Kas Negara dan tidak dapat diambil lagi oleh pihak berperkara (SEMA No. 4/2008).
  8. Pengadilan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum banding dalam SKUM yang terdiri dari biaya pencatatan pernyataan banding, biaya banding yang ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi, biaya pengiriman uang melalui bank/kantor pos, ongkos kirim berkas dan biaya pemberitahuan berkas perkara kepada para pihak.
  9. Penyelenggara Layanan Pengadilan akan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum kasasi ditentukan dalam SKUM, yang terdiri dari biaya pencatatan pernyataan kasasi, biaya kasasi yang ditetapkan Ketua Mahkamah Agung, biaya pengiriman uang melalui bank ke rekening MA, ongkos kirim berkas dan biaya pemberitahuan kepada para pihak.
  10. Biaya permohonan kasasi untuk Mahkamah Agung harus dikirim oleh pemegang kas melalui Bank BRI Cabang Veteran - Jl. Veteran Raya No. 8 Jakarta Pusat; Rekening Nomor 31. 46.0370.0 dan bukti pengirimannya dilampirkan dalam berkas perkara yang bersangkutan.
  11. Pengadilan akan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum peninjauan kembali ditentukan dalam SKUM, yang terdiri dari biaya peninjauan kembali yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung, biaya pengiriman uang melalui bank, ongkos kirim berkas, biaya pemberitahuan.
 
C. Pelayanan Bantuan Hukum (SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Bantuan Hukum)
 
  1. Masyarakat dapat menggunakan layanan bantuan hukum yang tersedia pada setiap kantor pengadilan.
  2. Pengadilan menyediakan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang mudah diakses oleh pihak-pihak yang tidak mampu.
  3. Pengadilan menyediakan Advokat Piket (bekerjasama dengan lembaga penyedia bantuan hukum) yang bertugas pada Posbakum dan memberikan layanan hukum sebagai berikut:
    1. bantuan pengisian formulir permohonan bantuan hukum;
    2. bantuan pembuatan dokumen hukum;
    3. advis, konsultasi hukum dan bantuan hukum lainnya baik dalam perkara pidana maupun perkara perdata;
    4. rujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk pembebasan pembayaran biaya perkara sesuai syarat yang berlaku;
    5. rujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk mendapat bantuan jasa advokat sesuai syarat yang berlaku.
4.      Pengadilan memberikan layanan pembebasan biaya perkara (prodeo) kepada pihak pihak yang tidak mampu dengan mengajukan permohonan kepada Ketua Pengadilan atau kepada Ketua Majelis Hakim.
5.      Penggugat berhak mendapatkan semua jenis pelayanan secara cuma-cuma yang berkaitan dengan pemeriksaan perkara prodeo. Komponen biaya prodeo meliputi
a.      antara lain: biaya pemanggilan, biaya pemberitahuan isi putusan, biaya saksi/saksi
b.      ahli, biaya materai, biaya alat tulis kantor, biaya penggandaan/fotokopi, biaya
c.      pemberkasan dan biaya pengiriman berkas.
 
6.      Bagi masyarakat yang tidak mampu dapat mengajukan surat permohonan
7.      berperkara secara prodeo (cuma-cuma) dengan mencantumkan alasan-alasannya kepada Ketua Pengadilan dengan melampirkan:
 
a.       Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Lurah/Kepala Desa setempat; atau
b.    Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin atau Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) atau Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT).
c.     Surat pernyataan tidak mampu yang dibuat dan ditandatangani pemohon bantuan hukum dan diketahui oleh Ketua Pengadilan Negeri. Jika pemohon prodeo tidak dapat menulis atau membaca maka permohonan beracara secara prodeo dapat diajukan secara lisan dengan menghadap Ketua Pengadilan.
 
8.      Prosedur permohonan berperkara secara prodeo
a.    Permohonan diajukan secara lisan atau tertulis kepada Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dengan dilampiri dokumen pendukung.
b.      Dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari sejak permohonan itu dicatat oleh
c.   Panitera, Hakim yang ditunjuk (Hakim yang menyidangkan pada tingkat pertama) memerintahkan Panitera untuk memberitahukan permohonan itu kepada pihak lawan dan memerintahkan untuk memanggil kedua belah pihak supaya datang di muka Hakim untuk dilakukan pemeriksaan tentang ketidakmampuan Pemohon.
d.      Dalam tenggang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari setelah pemeriksaan, Pengadilan Tingkat Pertama mengirimkan berita acara hasil pemeriksaan dilampiri permohonan izin beracara secara prodeo dan dokumen pendukung ke
e.    Pengadilan, yang berwenang memutus perkara yang dimohonkan tersebut, untuk diputus apakah dikabulkan atau tidak. Jika permohonan dianggap memenuhi syarat maka diberikan penetapan ijin berperkara secara prodeo. Izin beracara secara prodeo diberikan Pengadilan atas perkara yang diajukan pada tingkatan pengadilan tertentu saja. Jika ternyata pemohon orang yang mampu maka diberikan penetapan tidak dapat berperkara secara prodeo dan pemohon harus membayar biaya seperti layaknya berperkara secara umum.
 
9.    Pengadilan menyediakan anggaran untuk biaya perkara prodeo dengan memperhatikan anggaran yang tersedia. Ketersediaan anggaran tersebut diumumkan kepada masyarakat secara berkala melalui papan pengumuman Pengadilan atau media lain yang mudah diakses
 
 
 
 
D. Pelayanan Pengaduan
 
1.      Dasar Hukum:
    1. SK KMA Nomor: 076/KMA/SK/VI/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan
    2. SK KMA Nomor 080/KMA/SK/VIII/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan
2.    Pengadilan menyediakan meja pengaduan untuk menerima pengaduan dari masyarakat atau pencari keadilan tentang mengenai penyelenggaraan peradilan termasuk pelayanan publik dan atau perilaku aparat pengadilan. Meja pengaduan tidak menerima pengaduan yang terkait dengan isi dari putusan atau tentang substansi perkara dan pengaduan tentang fakta atau peristiwa yang terjadi lebih dari 2 (dua) tahun sebelum pengaduan diterima. Khusus untuk pengaduan tentang pelayanan pengadilan harus disampaikan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak pengadu menerima layanan pengadilan.
3.  Masyarakat dapat menyampaikan Pengaduan melalui meja pengaduan, situs Badan Pengawasan MA http://bawas.mahkamahagung.go.id/ web_bawas/) atau melalui pos dengan mengisi formulir pengaduan secara tertulis dan melampirkan bukti-bukti yang diperlukan.
4.   Petugas meja pengaduan akan memberikan tanda terima yang berisi nomor pengaduan yang dapat digunakan oleh pelapor untuk mendapatkan informasi mengenai status pengaduannya. Dalam hal pengaduan dilakukan melalui pos, maka petugas pengaduan memberitahukan pelapor perihal pengaduan telah diterima dengan memberikan nomor agenda.
5.    Pengadilan wajib menyampaikan informasi mengenai status pengaduan kepada pelapor dalam waktu selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sejak pengaduan disampaikan, selanjutnya pelapor berhak mendapatkan informasi mengenai perkembangan status pengaduannya. Dalam hal, pengaduan dilakukan melalui pos, maka jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja berlaku sejak tanggal pemberitahuan telah diterimanya surat pengaduan oleh Badan Pengawasan atau Pengadilan Tingkat Banding.
6.   Pengadilan wajib memeriksa dan memberitahukan status pengaduan kepada pelapor selambat-lambatnya dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kerja sejak pengaduan didaftar di agenda pengaduan Badan Pengawasan atau Pengadilan Tingkat Banding. Dalam hal pemeriksaan belum selesai dilakukan dalam jangka waktu tersebut maka pengadilan wajib memberitahukan alasan penundaan tersebut kepada pelapor melalui surat.
 
E. Pelayanan Informasi
 
  1. Dasar Hukum
a.      Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
b.      SK KMA Nomor 144/KMA/SK/III/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan
c.      SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi Pengadilan
  1. Pengadilan menyediakan informasi antara lain mengenai:
    1. hak-hak para pihak yang berhubungan dengan peradilan, antara lain hak mendapat bantuan hukum, hak atas perkara cuma-cuma, serta hak-hak pokok dalam proses persidangan;
    2. tata cara pengaduan dugaan pelanggaran yang dilakukan hakim dan pegawai;
    3. hak-hak pelapor dugaan pelanggaran hakim dan pegawai;
    4. tata cara memperoleh pelayanan informasi, dan;
    5. informasi lain yang berdasarkan SK-1-144 Tahun 2011 merupakan informasi publik.
 
  1. Pengadilan menyediakan akses informasi  terhadap putusan secara online atau melalui situs pengadilan, dengan melakukan proses pengaburan terhadap identitas pihak-pihak yang tercantum dalam putusan.
  2. Masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi melalui petugas pada Meja Informasi.
  3. Pengadilan memberikan jawaban dapat ditindaklanjuti atau tidaknya permohonan informasi selambat lambatnya 6 (enam) hari kerja.
  4. Pengadilan wajib memberikan informasi yang diminta selambat-lambatnya dalam jangka waktu 13 (tiga belas) hari kerja sejak permohonan informasi dimohonkan.
  5.  Pengadilan dapat meminta perpanjangan waktu bila diperlukan proses pengaburan informasi atau informasi yang diperlukan sulit ditemukan atau memiliki volume besar sehingga memerlukan waktu untuk menggandakannya.
  6. Pemohon dapat mengajukan keberatan jika Pengadilan menolak permohonan informasi yang diajukan, paling lambat 5 (lima) hari melalui meja informasi.
  7. Pengadilan akan memungut biaya penyalinan informasi dengan biaya yang wajar sesuai dengan standar wilayah setempat dan tidak memungut biaya lainnya.

 

III. LAMPIRAN Iv

IV. STANDAR PELAYANAN PADA BADAN PERADILAN AGAMA

 

A. Dasar Hukum

 1. HIR/Rbg
2. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan
3. Undang-undang Nomor 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif
Penyelesaian Sengketa
4. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang Mahkamah Agung
5. Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman
6. Undang-undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Peradilan Agama
7. Kompilasi Hukum Islam
8. KMA/032/SK/IV/2006 tentang Pemberlakuan Buku II Pedoman Teknis
Administrasi dan Teknis Peradilan Agama
9. PERMA Nomor 1 Tahun 2002 tentang Acara Gugatan Perwakilan Kelompok
10. PERMA Nomor 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan
11. SEMA No. 3 Tahun 1998 tentang Penyelesaian Perkara
12. Penetapan MARI Nomor: KMA/095/X/2006).
13. Surat Edaran TUADA ULDILTUN MARI No. MA/KUMDIL/8810/1987
14. Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 138/KMA/SK/IX/2009 tentang
Jangka Waktu Penanganan Perkara pada Mahkamah Agung Republik Indonesia
 
B. Pelayanan Permohonan
 1. Pemohon yang tidak dapat membaca dan menulis berhak mendapatkan bantuan
hukum dari Advokat Piket pada Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang ada di
Pengadilan Agama setempat yang akan membantu Pemohon untuk menyusun Surat
Permohonannya.
2. Pemohon menyampaikan permohonan kepada Ketua Pengadilan Agama di tempat
tinggal Pemohon. Pengadilan mendaftarkan permohonan dalam buku register dan
memberi nomor urut setelah pemohon membayar panjar biaya perkara yang
besarnya sudah ditentukan dalam SKUM. Khusus untuk permohonan
pengangkatan/adopsi anak, Surat Permohonan diajukan kepada Ketua Pengadilan
Agama yang daerah hukumnya meliputi tempat tinggal anak yang hendak diangkat.
3. Jenis-jenis permohonan yang dapat diajukan melalui Pengadilan Agama, yaitu:
a. Permohonan pengangkatan wali bagi anak yang belum berumur 18 tahun atau
belum pernah melangsungkan perkawinan yang tidak berada di bawah
kekuasaan orang tua.
b. Permohonan pengangkatan wali/pengampu bagi orang dewasa yang kurang
ingatannya atau orang dewasa yang tidak bisa mengurus hartanya lagi, misalnya
karena pikun.
c. Permohonan dispensasi kawin bagi pria yang belum mencapai umur 19
(sembilan belas) tahun dan bagi wanita yang belum mencapai umur 16 (enam
belas) tahun.
d. Permohonan izin kawin bagi calon mempelai yang belum berusia 21 (dua puluh
satu) tahun.
e. Permohonan pengangkatan anak
f. Permohonan untuk menunjuk seorang atau beberapa orang wasit (arbiter) oleh
karena para pihak tidak bisa atau tidak bersedia untuk menunjuk wasit (arbiter).
g. Permohonan sita atas harta besama tanpa adanya gugatan cerai dalam hal salah
satu dari suami isteri
h. Melakukan perbuatan yang merugikan dan membahayakan harta bersama
seperti judi, mabuk, boros dan sebagainya.
i. Permohonan izin untuk menjual harta bersama yang berada dalam status sita
untuk kepentingan keluarga.
j. Permohonan agar seseorang dinyatakan dalam keadaan mafqud.
k. Permohonan penetapan ahli waris.
l. Permohonan penetapan wali adhal, apabila wali nikah calon mempelai wanita
yang akan melangsungkan perkawinan tidak mau menjadi wali dalam
perkawinan tersebut.
m. Permohonan pencabutan surat penolakan perkawinan dari Pegawai Pencatat
Nikah.
n. Permohonan pencegahan perkawinan, apabila calon mempelai atau salah satu
calon mempelai tidak memenuhi syarat-syarat perkawinan.
o. Permohonan pembatalan perkawinan, apabila perkawinan telah dilangsungkan,
sedangkan calon mempelai atau salah satu calon mempelai tidak memenuhi
syarat-syarat perkawinan.
p. Permohonan itsbat kesaksian rukyat hilal.
 
C. Pelayanan Gugatan
 
1. Para Pihak dapat mengajukan gugatan dengan menyerahkan surat gugatan kepada
Petugas Meja Pertama sebanyak jumlah pihak, ditambah 4 (empat) rangkap untuk
Majelis Hakim dan arsip. Dokumen yang perlu diserahkan adalah:
a. Surat gugatan atau surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan
Agama atau Mahkamah Syar'iyah yang berwenang.
b. Surat Kuasa Khusus (dalam hal Penggugat atau Pemohon menguasakan kepada
pihak lain).
c. Fotokopi Kartu Anggota Advokat bagi yang menggunakan jasa advokat.
d. Bagi pihak yang menggunakan perwakilan selain advokat (Kuasa Insidentil),
harus ada surat keterangan tentang hubungan keluarga dari Kepala Desa/ Lurah
dan/atau surat izin khusus dari atasan bagi PNS dan Anggota TNI/Polri.
e. Salinan putusan (untuk permohonan eksekusi).
f. Salinan surat-surat yang dibuat di luar negeri yang disahkan oleh Kedutaan atau
perwakilan Indonesia di negara tersebut, dan telah diterjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia oleh penerjemah yang disumpah.
2. Penggugat yang tidak dapat membaca dan menulis, dapat mengajukan gugatannya
secara lisan di hadapan Ketua Pengadilan Agama dan wajib dicatat oleh Pengadilan.
3. Petugas Meja Pertama menaksir panjar biaya perkara yang kemudian ditulis dalam
Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM). Pihak pemohon atau penggugat tidak akan
diminta untuk membayar apapun yang tidak tertera dalam SKUM.
4. Penaksiran panjar biaya perkara mempertimbangkan:
a. Jumlah pihak yang berperkara.
b. Jarak tempat tinggal dan kondisi daerah para pihak (radius).
c. Untuk perkara cerai talak harus diperhitungkan juga biaya pemanggilan para
pihak untuk sidang ikrar talak.
d. Biaya pemanggilan para pihak untuk menghadiri proses mediasi lebih dahulu
dibebankan kepada pihak Penggugat melalui uang panjar biaya perkara.
5. Bagi masyarakat yang tidak mampu dapat mengajukan permohonan berperkara
secara prodeo (cuma-cuma) kepada Ketua Pengadilan. (Lihat bagian II.B tentang
biaya perkara)
6. Penggugat menerima Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dalam rangkap 4
(empat) dari Petugas Meja Pertama yang berisi informasi mengenai rincian panjar
biaya perkara yang harus dibayar.
7. Penggugat melakukan pembayaran panjar biaya perkara melalui bank yang
ditunjuk oleh Pengadilan.
8. Penggugat menyerahkan bukti pembayaran berikut SKUM kepada Pemegang Kas
untuk diberi tanda lunas serta surat gugatan atau permohonan.
9. Berkas yang telah memiliki tanda lunas diserahkan kepada petugas Meja Kedua
untuk diberikan nomor register.
10. Lamanya proses pendaftaran perkara, dalam hal berkas-berkas telah terpenuhi,
adalah paling lama 1 (satu) hari.
 
D. Gugatan Kelompok (Class Action)
1. Gugatan perwakilan kelompok dapat diajukan dalam perkara wakaf, zakat, infaq
dan shadaqah.
2. Penggugat mengajukan surat gugatan kelompok mengacu pada persyaratan
persyaratan yang diatur oleh hukum acara perdata yang berlaku, dan harus
memuat:
a. Identitas lengkap dan jelas dari wakil kelompok.
b. Definisi kelompok secara rinci dan spesifik walaupun tanpa menyebutkan nama
anggota kelompok satu-persatu.
c. Keterangan tentang anggota kelompok yang diperlukan dalam kaitan dengan
kewajiban melakukan pemberitahuan.
3. Untuk mewakili kepentingan hukum anggota kelompok, wakil kelompok tidak
dipersyaratkan memperoleh surat kuasa khusus dari anggota.
4. Hakim memutuskan apakah gugatan perwakilan yang diajukan sah atau tidak.
Apabila penggunaan prosedur gugatan perwakilan kelompok dinyatakan sah, maka
Hakim segera memerintahkan Penggugat mengajukan usulan model pemberitahuan
untuk memperoleh persetujuan Hakim. Apabila penggunaan tata cara gugatan
perwakilan kelompok dinyatakan tidak sah, maka pemeriksaan gugatan dihentikan
dengan suatu putusan Hakim.
5. Dalam proses perkara tersebut Hakim wajib mendorong para pihak untuk
menyelesaikan perkara dimaksud melalui perdamaian, baik pada awal persidangan
maupun selama berlangsungnya pemeriksaan perkara.
6. Pengadilan wajib melakukan pemberitahuan kepada anggota kelompok pada tahaptahap:
a. Segera setelah Hakim memutuskan bahwa pengajuan tata cara gugatan
perwakilan kelompok dinyatakan sah, selanjutnya anggota kelompok dapat
membuat pernyataan keluar.
b. Pada tahap penyelesaian dan pendistribusian ganti rugi ketika gugatan
dikabulkan.
7. Apabila gugatan ganti rugi dikabulkan, Hakim wajib memutuskan jumlah ganti rugi
secara rinci, penentuan kelompok dan/atau sub kelompok yang berhak, mekanisme
pendistribusian ganti rugi dan langkah-langkah yang wajib ditempuh oleh wakil
kelompok dalam proses penetapan dan pendistribusian seperti halnya kewajiban
melakukan pemberitahuan atau notifikasi.
 
E. Pelayanan Administrasi Persidangan
 
1. Ketua Pengadilan Agama atau Mahkamah Syari’ah menetapkan Majelis Hakim yang
akan menyidangkan perkara selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sejak
perkara didaftarkan.
2. Ketua Majelis Hakim sudah menetapkan hari sidang pertama selambat-lambatnya
dalam 7 (tujuh) hari kerja. Dalam menetapkan hari sidang, Ketua Majelis Hakim
harus memperhatikan jauh-dekatnya tempat tinggal para pihak yang berperkara
dengan tempat persidangan.
3. Untuk para pihak yang berdomisili di luar negeri maka tenggang waktu antara
pemanggilan dengan persidangan sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sejak surat
permohonan pemanggilan dikirimkan.
4. Untuk pemeriksaan perkara cerai dilakukan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari
sejak tanggal surat gugatan didaftarkan di kepaniteraan Pengadilan Agama atau
Mahkamah Syar'iyah
5. Pengadilan mengumumkan jadwal persidangan dan penundaan sidang (dengan
mencantumkan alasan penundaan) pada papan pengumuman pengadilan atau
media lain yang mudah diakses oleh masyarakat.
6. Pengadilan mengirimkan salinan putusan pengadilan kepada para pihak, termasuk
para pihak yang tidak hadir pada sidang pembacaan putusan, paling lama 14 (empat
belas hari) setelah putusan dibacakan di muka persidangan.
 
F. Pelayanan Mediasi
 
1. Mediasi dalam Persidangan:
a. Pengadilan memberikan layanan mediasi bagi para pihak dalam persidangan
dan tidak dipungut biaya.
b. Para pihak dapat memilih mediator berdasarkan daftar nama mediator yang
disediakan oleh Pengadilan, yang memuat sekurang-kurangnya 5 (lima) nama
mediator dan disertai dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman para
mediator.
c. Para pihak dapat memilih mediator yang bukan hakim, maka biaya mediator
menjadi beban para pihak.
d. Jika para pihak gagal memilih mediator, ketua majelis hakim akan segera
menunjuk hakim bukan pemeriksa pokok perkara yang bersertifikat pada
pengadilan yang sama untuk menjalankan fungsi mediator.
e. Pengadilan menyediakan ruangan khusus mediasi yang bersifat tertutup dengan
tidak dipungut biaya.
2. Mediasi di luar persidangan:
a. Masyarakat yang bersengketa dapat menyelesaikan sengketa mereka melalui
mediator bersertifikat di luar Pengadilan.
b. Apabila telah tercapai kesepakatan perdamaian maka dapat mengajukan
Gugatan kepada pengadilan yang berwenang untuk memperoleh Akta
Perdamaian
c. Pengadilan menerbitkan Akta Perdamaian setelah para pihak mendaftarkan
gugatan mereka di Pengadilan dengan melampirkan hasil kesepakatan mediasi
dan sertifikat mediator.
 
G. Pelayanan Sidang Keliling
 
1. Sidang keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung
pengadilan yang diperuntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk
datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya.
2. Semua orang dapat mengajukan perkaranya untuk diselesaikan melalui pelayanan
sidang keliling oleh pengadilan setempat. Namun demikian, tidak semua
pengadilan melaksanakan sidang keliling, terutama pengadilan yang berada di
ibukota propinsi.
3. Semua perkara pada dasarnya dapat diajukan melalui sidang keliling, akan tetapi
karena keterbatasan pada pelayanan sidang keliling, maka perkara yang dapat
diajukan melalui sidang keliling, di antaranya adalah:
a. Itsbat nikah: pengesahan/pencacatan nikah bagi pernikahan yang tidak terdaftar
di KUA
b. Cerai gugat: gugatan cerai yang ajukan oleh istri
c. Cerai talak: permohonan cerai yang diajukan oleh suami
d. Penggabungan perkara Itsbat dan cerai gugat/cerai talak apabila pernikahan
tidak tercatat dan akan mengajukan perceraian .
e. Hak asuh anak: Gugatan atau permohonan hak asuh anak yang belum dewasa.
f. Penetapan ahli waris: Permohonan untuk menetapkan ahli waris yang sah.
4. Sidang keliling dilaksanakan di tempat-tempat yang representatif pada lokasi
dimana sidang diadakan antara lain di balai desa, kantor kecamatan, kantor KUA,
atau tempat fasilitas umum yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang tinggal
jauh dari kantor pengadilan.
5. Pengadilan mengumumkan waktu, tempat dan biaya sidang keliling melalui media
pengumuman di pengadilan dan pada lokasi dimana sidang keliling akan
dilaksanakan.
6. Persyaratan administrasi yang perlu dilengkapi untuk mengajukan perkara pada
sidang keliling adalah:
a. Surat gugatan atau permohonan
b. Kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai dengan perkara yang
diajukan. (Lihat poin IV.B dan C).
c. Membayar panjar biaya perkara yang telah di tetapkan oleh Pengadilan. Bagi
yang tidak mampu membayar maka dapat mengajukan prodeo atau beperkara
secara gratis (lihat panduan cara mengajukan prodeo).
d. Pada saat pelaksanaan Persidangan Pemohon/penggugat harus membawa
minimal 2 (dua) orang saksi yang mengetahui permasalahan
penggugat/pemohon.
e. Menyerahkan semua persyaratan yang sudah lengkap tersebut di atas ke kantor
pengadilan baik secara pribadi atau perwakilan yang ditunjuk.
f. Setelah persyaratan diserahkan, minta tanda bukti pembayaran (SKUM), dan
satu salinan surat gugatan/permohonan yang telah diberi nomor perkara.
7. Setelah perkara diputus, salinan putusan bisa diambil di Pengadilan atau di tempat
sidang keliling.
 
H. Itsbat Rukyatul Hilal
 
1. Pemohon (Kantor Kementerian Agama) mengajukan permohonan itsbat kesaksian
rukyat hilal kepada Pengadilan Agama atau Mahkamah Syar’iyah yang membawahi
wilayah tempat pelaksanaan rukyat hilal.
 
2. Panitera atau petugas yang ditunjuk mencatat permohonan tersebut dalam register
khusus untuk itu.
3. Sidang itsbat rukyat hilal dilaksanakan di tempat rukyat hilal (sidang di tempat),
dilakukan dengan cepat dan sederhana, sesuai dengan kondisi setempat.
4. Ketua Pengadilan Agama atau Mahkamah Syar’iyah menunjuk hakim majelis atau
hakim tunggal untuk menyidangkan permohonan tersebut
5. Hakim yang bertugas harus menyaksikan kegiatan pelaksanaan rukyat hilal.
6. Pelaksanaan rukyat hilal harus sesuai dengan data yang diterbitkan oleh Badan Hisab
Rukyat (BHR) Kementerian Agama RI.
7. Semua biaya yang timbul akibat permohonan tersebut dibebankan kepada anggaran
negara.
 
I. Pelayanan Administrasi Upaya Hukum
 
1. Pelayanan Administrasi Perkara Banding
 
a. Para Pihak dapat mengajukan permohonan banding kepada Petugas Meja
Pertama dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah putusan diucapkan
atau setelah diberitahukan dalam hal putusan tersebut diucapkan diluar hadir.
b. Pengadilan mendaftarkan perkara dan memberikan Akta Pernyataan Banding
kepada Pemohon Banding apabila panjar biaya banding telah dibayar lunas.
c. Masyarakat dapat melakukan pembayaran biaya perkara melalui Bank, kecuali
di daerah tersebut tidak ada Bank. Pegawai Pengadilan tidak dibenarkan
menerima pembayaran biaya perkara langsung dari pihak berperkara (SEMA
No. 4/2008).
d. Pengadilan menyampaikan permohonan banding kepada Pihak Terbanding
dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender, tanpa perlu menunggu diterimanya
memori banding.
e. Pengadilan tingkat pertama mengirimkan berkas banding (Berkas A dan B) ke
Pengadilan Tinggi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak permohonan banding
diajukan.
f. Pemohon banding dapat melakukan pencabutan permohonan banding dengan
mengajukan kepada Ketua Pengadilan Agama yang ditanda tangani oleh
pembanding (harus diketahui oleh prinsipal apabila permohonan banding
diajukan oleh kuasanya) dengan menyertakan akta panitera.
g. Pengadilan tingkat banding wajib mengirimkan salinan putusan dikirim pada
pengadilan Agama untuk diberitahukan kepada para pihak. Panitera wajib
membuat akta pemberitahuan putusan dalam waktu paling lama 14 (empat
belas) hari.
 
2. Pelayanan Administrasi Perkara Kasasi
a. Permohonan kasasi dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah putusan
atau penetapan Pengadilan diucapkan dan diberitahukan (dalam hal putusan
tersebut diucapkan di luar hadirnya).
b. Pemohon kasasi menerima SKUM yang dicap/stempel Lunas oleh Pemegang
Kas setelah menyerahkan bukti pembayaran.
c. Petugas Meja Pendaftaran meregister permohonan kasasi dan menyerahkan akta
pernyataan kasasi yang dilampirkan pada berkas perkara.
d. Pengadilan menyampaikan permohonan kasasi dalam waktu 7 (tujuh) hari
kepada pihak lawan.
e. Memori kasasi selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari sesudah
pernyataan kasasi harus sudah diterima pada kepaniteraan pengadilan negeri.
f. Panitera wajib memberikan tanda terima atas penerimaan memori kasasi dan
dalam waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender salinan memori
kasasi tersebut disampaikan kepada pihak lawan dalam perkara yang
dimaksud.
g. Jawaban atau kontra memori kasasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari
kalender sesudah disampaikannya memori kasasi harus sudah diterima pada
kepaniteraan pengadilan negeri untuk disampaikan pihak lawannya.
h. Sebelum berkas perkara dikirim ke Mahkamah Agung harus diberikan
kesempatan kepada kedua belah untuk mempelajari/memeriksa berkas perkara
(inzage) dan dituangkan dalam akta.
i. Pengadilan tingkat pertama dalam waktu 65 (enam puluh lima) hari sejak
permohonan kasasi diajukan, harus sudah mengirimkan berkas kasasi (Berkas A
dan B) ke Mahkamah Agung.
j. Pencabutan permohonan kasasi diajukan kepada Ketua Pengadilan Agamayang
ditanda tangani oleh pemohon kasasi (harus diketahui oleh prinsipal apabila
permohonan kasasi diajukan oleh kuasanya) dengan menyertakan akta panitera.
k. Pencabutan permohonan kasasi harus segera dikirim oleh Panitera ke
Mahkamah Agung disertai akta pencabutan yang ditandatangani oleh Panitera.
l. Mahkamah Agung wajib mengirimkan salinan putusan kepada Pengadilan
Agama untuk diberitahukan kepada Para Pihak paling lambat dalam waktu 2
(dua) hari untuk perkara yang berdasarkan oleh peraturan perundang-undangan
harus selesai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dan 2 (dua) bulan untuk perkara
yang tidak bersifat prioritas.
 
3. Pelayanan Administrasi Perkara Peninjauan Kembali
a. Permohonan peninjauan kembali dapat diajukan dalam waktu 180 (seratus
delapan puluh) hari kalender.
b. Pemohon kasasi menyerahkan tanda bukti pembayaran panjar biaya perkara dan
menerima SKUM yang telah dibubuhi cap stempel lunas dari Pemegang Kas.
Pengadilan pada hari itu juga wajib membuat akta pernyataan peninjauan
kembali yang dilampirkan pada berkas perkara dan meregister permohonan
peninjauan kembali.
c. Selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari panitera wajib
memberitahukan tentang permohonan PK kepada pihak lawannya dengan
memberikan/mengirimkan salinan permohonan peninjauan kembali beserta
alasan-alasanya kepada pihak lawan.
d. Jawaban/tanggapan atas alasan peninjauan kembali selambat-lambatnya 30 (tiga
puluh) hari sejak alasan PK tersebut diterima harus sudah diterima kepaniteraan
untuk disampaikan pihak lawan.
e. Jawaban/tanggapan atas alasan PK yang diterima kepaniteraan pengadilan
harus dibubuhi hari dan tanggal penerimaan yang dinyatakan diatas surat
jawaban tersebut.
f. Pencabutan permohonan peninjauan kembali diajukan kepada Ketua Pengadilan
yang ditandatangani oleh pemohon peninjauan kembali (harus diketahui oleh
pemohon apabila permohonan peninjauan kembali diajukan oleh kuasanya)
dengan menyertakan akta panitera.
g. Pencabutan permohonan peninjauan kembali harus segera dikirim oleh
Panitera ke Mahkamah Agung disertai akta pencabutan yang ditandatangani
oleh Panitera.
h. Dalam hal perkara telah diputus, Mahkamah Agung wajib mengirimkan salinan
putusan pada Pengadilan Agama pengaju untuk diberitahukan kepada Para
Pihak paling lambat dalam waktu 2 (dua) hari untuk perkara yang berdasarkan
oleh peraturan perundang-undangan harus selesai dalam waktu 30 (tiga puluh)
hari dan 2 (dua) bulan untuk perkara yang tidak bersifat prioritas

 

Aturan yang dijadikan Standar Pelayanan Pengadilan pada Pengadilan Agama Painan yaitu :

No Keterangan Unduh
 1  Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 Tentang Standar Pelayanan Pengadilan [Donwload]
 2  Surat Keputusan  Ketua Pengadilan Agama Painan Nomor  W3-A12/057/KP.04.6/I/2019 tentang Standar Layanan Pengadilan Agama Painan [Download]

ALUR ADMINISTRASI BERPERKARA SECARA ELEKRONIK (e-Court)

   


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas