Info Delegasi
Pengadilan Tinggi
Logo PENGADILAN AGAMA PAINAN

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN AGAMA PAINAN

Jl. Dr. Moh. Hatta Painan Telp. (0756) 21307 - Fax. (0756) 21707

Website : www.pa-painan.go.id - Email : pa.painan@pta-padang.go.id

SIPP PASistem Informasi Pengawasan MA-RI


Logo Artikel

PELATIHAN SERVICE EXCELLENT

Pelatihan Service Excellent

Ketua Pengadilan Agama Painan Bapak Isrizal Anwar, S.Ag, M.Hum dalam sambutannya sangat berterima kasih atas bersedianya PT. Bank Mandiri Syari’ah KC. Painan berbagi ilmu memberikan training terkait Service Excellent untuk Pegawai PA Painan, memang saat ini di PA Painan telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, meskipun demikian masih juga terdapat kekurangan terkait pelayanan tersebut, sehingga dirasa perlu pegawai PA Painan khususnya petugas PTSP untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan terkait Service Excellent Peningkatan Budaya Pelayanan Prima, mudah-mudah pelatihan menambah ilmu pengetahuan dan dapat diaplikasikan dalam memberikan layanan kepada masyarakat, demikian tutur Ketua PA Painan.

Dalam pemaparan training tersebut Bapak M. Ardiansyah menjelaskan bahwa dalam pelayanan publik ada aspek-aspek yang harus diperhatikan yang pertama Aspek SDM yaitu berupa tenaga front office, untuk di PA Painan berarti petugas di PTSP, tenaga cleaning service dan satpam, dari aspek fisik berupa fasilitas yang tersedia contohnya kebersihan dan kenyamanan ruangan serta fasilitas lain seperti tersedianya brosur dan alur layanan yang dapat dilihat dengan jelas dan update dsb. selanjutnya yang kedua Petugas Pelayanan harus memiliki Skill : memberikan informasi detail seputar kebutuhan pengunjung, mengarahkan pengunjung sesuai dengan kebutuhannya, memberikan informasi yang jelas dan lengkap. dan yang ketiga adalah Sikap : melayani dengan berdiri, menyambut dengan ramah, menerapkan prinsip SMART (Sederhana, Melayani, Akuntabel, Responsif, dan Transparan).

Selanjutnya juga diuraikan tentang faktor – faktor yang mendukung sikap profesional petugas pelayanan antara lain ekspresi berupa senyum dan kontak mata, postur berupa tegak/tidak membungkuk dan menghadap ke lawan bicara, gestur berupa terbuka, menyambut dan mempersilahkan dan kata-kata berupa pemilihan kata, volume suara dan intonasi. Kemudian cara menangani komplain dari pengunjung yaitu dengan menggunakan prinsip TUNTAS yaitu Tenangkan Diri, Upayakan Menyimak, Nyatakan Maaf dan Pengertian, Telusuri Permasalahan, Ajukan Solusi, Selesaikan dengan Positif. Dalam training tersebut juga diadakan simulasi langsung oleh Petugas PTSP dalam hal memberikan pelayanan, menerima tamu dan menghadapai komplain dari masyarakat.

Dari kegiatan ini banyak diperoleh ilmu dan pengetahuan baru yang akan sangat bermanfaat bagi para Petugas PTSP dan Petugas Keamanan PA Painan dalam memberikan Pelayanan Prima kepada para pengunjung atau masyarakat yang berkunjung. Demikian kegiatan ini berlangsung dengan penuh antusias serta berjalan dengan lancar hingga selesai. R&R


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas